Sabtu, 10 Juni 2017

Nikmatnya Ramadhan di Bumi Seribu Masjid


Siapa yang tak kenal dengan Lombok, pasti semua orang akan mengenalnya dengan ciri khas sebutan negeri “Seribu Masjid”. Dengan luas pulau ±5000 km2 dengan ibu kota Mataram, Lombok merupakan pulau terluas di dunia dengan urutan pulau terluas ke 108 dunia.
Lombok merupakan pulau dengan destinasi wisata pavorit semenjak tahun 2000. Simpul-simpul masjid sudah terlihat ketika kita mengunjungi pulau ini, dan sebelum masuk kota Mataram kita disuguhkan dengan tugu berbentuk masjid  dengan kubah berwarna emas yang berlatar belakang bukit-bukit indah di belakangnya. 

Wisata Budaya Lombok 

Pesona seribu masjid di kota Mataram ini semakin banyak berjejal, di kelilingi bukit-bukit hijau yang indah, dan pemandangan masjid di kota ini laksana berada di tanah Suci Madinah yang dapat membuat siapapun terpukau melihat keindahannya.
Hal ini terlihat dari monumen masjid tertua di kota mataram yaitu Al-Ra’isiyah atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Bengak dengan tekstur bagunan masjid yang mirip dengan tekstur masjid Nabawi di Madinah dengan menara setinggi 63 meter dan bahkan dinding pada mimbar masid berbahan marmer yang di ambil langsung dari lampung. Meski terlihat modern masjid Arraysiah itu pun tidak luput dari sejarah, karena mimbar masjid itu pun masih di hiasi ukiran kayu pipil berwarna hitam setinggi 20 meter yang di ambil dari gunung Rinjani dan diperkirakan sudah berusia 100 tahun  lebih, di ukirannya terdapat ukiran kaligrafi dengan ayat AL-qur’an surah Al-Jum’ah.
Masjid Bengak
Selain itu masjid Arraysiah memiliki kolam dan sumur yang unik dimana pada saat kemarau tiba, kolam dan  sumur itu tidak mengalami surut sama sekali, menarik bukan ?
Dan bahkan konon air kolam tersebut pada zaman penjajahan jepang berubah menjadi minyak yang dengan oleh warga diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan berkhasiat untuk kekebalan.
Tak heran jika warga dari belan daerah bahkan wisatawan asing ke lombok selalu menjadi salah satu pilihan destinasi wisata favorit di Indonesia.
Wisata Budaya Lombok Sumbawa

Masjid Agung Darussalam Sumbawa

Masjid Agung Darussalam yang merupakan 1 dari 100 masjid terindah di Indonesia. Dan bergandengan langsung dengan Tugu syukur, yang dengan berbagai kandungan makna didalamnya adalah sebuah bangunan peradaban. Peradaban yang bersumber dari nilai-nilai alquran, dan menjadi bagian tak terpisahkan dari bangunan Graha Fitrah, Masjid agung Darussalam dan perkantoran yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kompleks dimana dirumuskannya kebijakan-kebijakan strategis, melahirkan konsep pembangunan untuk kemaslahatan warga masyarakat lombok sumbawa.

Di bulan suci ramadhan, kota lombok selalu menjadi incaran bagi warganya dimana pada bulan suci ramadhan ini Bulan yang telah dianugerahkan Allah sebagai pinjaman sekali setahun kepada hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah puasa akan terlihat jelas keunikannya dimana masjid-masjid saling bersahutan mengumandangkan kalimat-kalimat Allah Azzawajallah. Dan masjid-masjid di kota mataram ini selalu menyediakan takjil berbuka puasa dengan gratis.

Takjil Ramadhan

Semarak bulan suci ramadhan 1438 Hijriah di pulau seribu masjid ini, dilaksanakan dengan berbagai acara-acara oleh pemerintahannya dengan bertajuk “Pesona Khazanah Ramadhan” dengan di isi berbagai macam Bazar ramadhan mulai dari makanan, minuman bahkan baju lebaran sekalipun.

Pesona Ramadhan Masjid

Acara ini di ikuti dengan peresmian “Kampung Ramadhan” yang di maksudkan agar masyarakat lombok dapat meningkatkan perekonomian dengan ekonomi kreatif. Serta menjaga silaturrahmi antar warga masyarakat dalam nuansa keagamaan.
Seperti yang di ungkapkan oleh wakil gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Amin, bahwa lombok bukan hanya tempat wisata religi untuk melaksanakan ibadah-ibadah khusus, melainkan juga tempat wisata bernuansa islami dan sampai dengan hiburan-hiburan islaminya seperti even halal.
Hingga saat ini Bulan suci Ramadhan sudah berjalan hampir separuh bulan dan Ibadah puasa yang menjadi pembentuk jiwa yang ikhlas, penempa jujur dan perangai yang mulia, pengikis riya, pembersih dari semua akhlaq yang rendah kini membuat kota ini semakin nikmat untuk di kunjungi.

Selain dari pada itu meski pulau lombok terkenal dengan pulau Seribu Masjid, namun yang tercatat adalah lebih dari 10.000 masjid yang tersebar di pulau lombok, ini merupakan sebuah nikmat yang tak terhingga untuk warga masyarakatnya, sertawisata ini hanya ada di Indonesia.


Artikel ini di ikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Ramadhan Di Lombok Sumbawa.
http://www.genpilomboksumbawa.com/lombablog

Comments
0 Comments
Tidak ada komentar:
Write komentar

Mau Berlangganan Artikel Gratis ?
Yuk Isi Data di Bawah Ini Gratisss !