Jumat, 30 Juni 2017

Mencari Bibit di MTQM Universitas Jambi 2017


Logo MTQM Universitas Jambi


Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, dan bertakwa pada Allah SWT, serta berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, sehat rohani dan jasmani. Mahasiswa sebagai generasi penerus masa depan bangsa, merupakan sumber daya manusia (SDM) yang perlu ditempa dengan baik, dengan mengoptimalkan kemampuan dan pengembangan diri yang tidak hanya terbatas pada upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi penanaman dan penguatan nilai-nilai agama.
Universitas Jambi saat ini sudah menerapkan usaha dan upaya internalisasi dan pemuliaan terhadap nilai-nilai Al-Quran di tengah-tengah kehidupan kampus, terutama dengan komitmen pimpinan Universitas Jambi, khususnya Bapak Rektor, Prof. H. Johni Najwan, SH., MH., Ph. D, hal ini antara lain dengan adanya kebijakan kewajiban khatam Al-Quran bagi setiap mahasiswa (S1/D4/D3) Universitas Jambi sebagai persyaratan untuk mengikuti wisuda. Dan komitmen beliau untuk menerima calon mahasiswa yang hafizh Al-Quran (hafal Al-Quran 30 Juz) masuk ke Universitas Jambi tanpa tes.
Untuk menerapkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, terutama nilai-nilai Qurani, sangat perlu diselenggarakan kegiatan-kegiatan pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa, sebagai upaya meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) tingkat Universitas Jambi tahun 2017, sekaligus dalam rangka menyongsong dan mempersiapkan calon-calon peserta utusan Universitas Jambi pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) yang dilaksanakan secara rutin setiap 2 tahun sekali, untuk MTQMN yangke XV Tahun 2017, dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Malang, maka Universitas Jambi perlu melaksanakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Tingkat Universitas Jambi, dengan memperlombakan cabang-cabang Musabaqah yang diikuti oleh perwakilan Fakultas di lingkungan Universitas Jambi. Disamping merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap kandungan Al-Qur’an sebagai bagian dari penguatan  nilai ketakwaan kepada Allah SWT juga untuk menunjukkan syi’ar Universitas Jambi dalam bidang Al-Quran.

MTQM Se-Universitas Jambi itu di awali dengan pawai ta’aruf peserta MTQM Universitas Jambi 2017, seluruh peserta menelusuri rute jalan di kompleks kampus universitas jambi mandalo dan finish di Balairung universitas jambi.
Pawai Ta'aruf Universitas Jambi

Kontingen Musabaqah Trilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) tingkat universitas jambi ini ikut ambil bagian dalam pawai ta’aruf sebagai rangkaian pelaksanaan MTQ. Dalam pawai itu, puluhan kafilah menyerukan pesan bahwa al-qur’an adalah pedoman hidup bagi muslim yang beriman.
Pawai dimulai sekitar pukul 08.30 wib dari belakang rektorat universitas jambi, tepatnya di depan BAK Universitas jambi. Kontingen di ikuti oleh 13 Fakultas di lingkungan universitas jambi yakni :
  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)
  2. Fakultas Ekonomi dan bisnis (FEB)
  3. Fakultas hukum (FH)
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  5. Fakultas Peternakan (FAPET)
  6. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
  7. Fakultas Pertanian (FAPERTA)
  8. Fakultas Teknologi Pertanian (FTP)
  9. Fakultas Kedokteran  dan IlmuKesehatan (FKIK)
  10. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 
  11.  Fakultas Ilmu Budaya (FIB)
  12.  Fakultas Teknik
  13. Fakultas Kehutanan


Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mengusung tema “Internalisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Rangka Membentuk Manusia yang Beriman, Bertakwa, Bermartabat dan Sukses dalam MTQMN 2017” .Tujuan dari MTQM Universitas Jambi ini adalah untuk mencari bibit dan kader serta calon peserta MTQMN 2017 utusan Universitas Jambi, yang akan dilatih dalam TC sampai nanti mengikuti MTQM Nasional dan di harapkan dapat kembali memperebutkan juara umum MTQMN seperti pada tahun 2009 di universitas negeri Sriwijaya Palembang.
Dalam MTQM Universitas Jambi 2017 ini, tercatat jumlah peserta mencapai 340 peserta, dengan 13 cabang lomba yang dilaksanakan yaitu :

Selain dari pada itu Rektor universitas jambi Prof. JOHNI NAJWAN, S.H., M.H., Ph. D. Memberikan apresiasi bagi seluruh mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan MTQ Unja tahun 2017 ini dengan memberikan skala prioritas untuk mendapatkan beasiswa berprestasi yang disambut gemuruh takbir seluruh peserta yang memenuhi balairung unja kampus medalo.
“saya berpesan kepada wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni untuk dapat mendata seluruh mahasiswa yang terlibat dalam MTQ Unja tahun ini, yang belum mendapatkan beasiswa, agar diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswaPPA atau Prestasi.”tutup rektor.
Rektor sendiri berharap MTQM tingkat universitas jambi ini akan terus berlangsung pada setiap tahun yang akan datang mengingat kesuksesan pelaksanaan MTQMahasiswa Universitas jambi 2017 yang begitu meriah dan mampu mempererat tali silaturrahmi keluarga besar universitas jambi.
Poin Tertinggi Fakultas
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Kehutanan
Baca: Rektor Tutup MTQM Universitas Jambi 2017 selengkapnya…
Foto Bersama Peserta MTQM Cabang Fahmil Qur'an Foto Bersama Dewan Juri dan Dewan Hakim MTQM Unversitas Jambi

Foto Bersama Dewan Juri dan Dewan Hakim MTQM Unversitas Jambi

Sumpah Dewan juri dan Dewan Hakim Serta Panitra MTQM Universitas Jambi

Pelaksanaan MTQM Universitas Jambi


Artikel ini di ikutsertakan dalam Lomba Blog Kalangan Pelajar dan Mahasiswa
(Universitas Jambi)
Pamflet lomba blog unja

Comments
0 Comments
Tidak ada komentar:
Write komentar

Mau Berlangganan Artikel Gratis ?
Yuk Isi Data di Bawah Ini Gratisss !