Senin, 07 Maret 2016

Subhanallah ada Masjid Tertua Indonesia Ini Berdiri Sebelum Ada Wali Songo

Subhanallah  ada Masjid Tertua Indonesia Ini Berdiri Sebelum Ada Wali Songo

Masjid ini menjadi satu-satunya masjid di Pulau Jawa yang dibangun jauh sebelum era Wali Sembilan (Wali Songo).


Jawa - Nama resmi masjid ini adalah Masjid Saka Tunggal Baitussalam, tapi lebih populer dengan nama Masjid Saka Tunggal. Nama ini tak lepas dari struktur bangunan masjid yang memang hanya mempunyai satu tiang penyangga tunggal (Saka Tunggal).

Berukuran 12x18 meter, Masjid Saka Tunggal ini menjadi satu-satunya masjid di Pulau Jawa yang dibangun jauh sebelum era Wali Sembilan (Wali Songo) yang hidup sekitar abad 15-16 Masehi.
Masjid ini didirikan tahun 1288 Masehi, atau dua abad sebelum Wali Songo. Ini sekaligus menjadikan Masjid Saka Tunggal Baitussalam sebagai masjid tertua di Indonesia.

Lokasi Masjid Saka Tunggal persisnya berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, di tengah suasana pedesaan Jawa yang begitu kental.

Kera-kera yang berkeliaran bebas masih sering dijumpai di sekitar area masjid. Di depan halamannya kini sudah disediakan tempat berwudhu dan kamar mandi.

Dari jalan raya, pintu gerbang masjid ini cukup jauh letaknya karena berada di antara pemukiman rumah penduduk. Di belakang masjid terdapat komplek pemakaman tua dengan gerbang yang masih bertuliskan aksara Jawa. Makam di dalamnya masih rutin diziarahi oleh warga muslim setempat.
Kawasan Masjid Saka Tunggal kini telah menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah daerah setempat.

Terus kunjungi blog Dunia Belajar Oke ini ya !!!
InsyaAllah saya akan terus mengupdate blog ini setiap hari nya


Semoga bermanfaat.... 

Comments
0 Comments
Tidak ada komentar:
Write komentar

Mau Berlangganan Artikel Gratis ?
Yuk Isi Data di Bawah Ini Gratisss !