Rabu, 30 Maret 2016

Polemik dalam Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

https://img.okezone.com//content/2016/01/31/320/1301414/keanehan-dalam-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-35zH1fGC0W.jpg

JAKARTA - Proyek kereta cepat dengan rute Jakarta-Bandung adalah proyek yang dipaksakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung setelah di-groundbreaking pada 21 Januari memang langsung menimbulkan banyak polemik.

"Ini proyek kereta cepat sudah pernah jadi polemik sebelum dibangun. Kita dengar pemerintah sangat antuasias pada proyek ini dan kita kaget, tahu-tahu kereta cepat ini sudah di-groundbreaking," jelas Pengamat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamudin Daeng di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Daeng menambahkan, padahal jika dilihat alur proyek kereta cepat, sangat tidak mungkin izin keluar begitu cepat. Dirinya pun mempertanyakan izin Analisis Dampak Mengenai Lingkungan (Amdal) yang ternyata keluar menjelang proyek ini di groundbreaking.

"Kalau kita lihat alurnya projek ini dipaksakan. Kan tidak gampang izin Amdal-nya. Lihat dampak analisis lingkungan, ekonominya. Saya kira Jokowi abai dengan izin-izin ini. Saya lihat jokowi nabrak-nabrak aja untuk proyek infrastruktur," jelas Daeng.

Menurut Daeng, percepatan groundbreaking kereta cepat Jakarta-Bandung berbau perjanjian Jokowi dan lobi-lobi dengan investor asing.

"Perlu diingat juga, BUMN-BUMN yang garap proyek ini akan disertakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan total Rp39 triliun. Itu uangnya dari pajak rakyat. Jadi memaksakan diri," tukasnya.

(wdi) 

Semoga bermanfaat.... Jangan lupa Like and Share ya...!!!

Kunjungi blog Dunia Belajar Oke ini ya !!!

InsyaAllah saya akan terus mengupdate blog ini setiap hari nya

 

Comments
0 Comments
Tidak ada komentar:
Write komentar

Mau Berlangganan Artikel Gratis ?
Yuk Isi Data di Bawah Ini Gratisss !